SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA.... TRIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Selasa, 30 Oktober 2012

busi pijar

Pemeriksaan di dalam kendaraan



§  Putar kunci kontak pada posisi “GLOW”. Bila tidak ada, hidupkan sistem pemanas dengan sakelarnya yang tersendiri. Kalau lampu komtrol mulai menyala sesudah 6-15 detik ( lihat spesifikasi ! ) berarti pemanas mula bekerja dengan baik.

Bila lampu kontrol mulai menyala lebih lambat dari waktu spesifikasi, maka kemungkinan salah satu atau lebih busi pijar tidak berfungsi.




Lampu menyala lebih cepat dari waktu yang ditentukan menunjukkan hubungan singkat ke massa setelah lampu kontrol



 Pemeriksaan di ruang mesin


 






Dengan lampu kontrol
§  Putar kunci kontak pada posisi “GLOW” dan kontrol apakah setiap terminal busi pijar menerima tegangan listrik.
Dengan ampermeter
§  Pertama-tama, ukurlah arus total yang mengalir (Atot) dan bandingkan dengan spesifikasi.
§  Jika tidak sesuai, periksa besar arus pada setiap busi pijar satu per satu. Busi pijar dengan besar arus yang tidak sesuai harus diganti. Besar arus harus 5-10 A pada setiap busi.


 Pemeriksaan visual melalui lubang injektor


 
















§  Hidupkan sistem pemanas dan lihat pada lubang injektor apakah kesemua busi pijar mulai menyala sama cepat

§  Lakukan tes ini setiap kali injektor dilepas, misal, pada pengetesan tekanan kompresi.





c)    Pemeriksaan busi pijar pada saat terlepas

§  periksa apakah ujung batang pemanas terbakar

Hubungkan busi pijar pada baterai 12v. Busi harus menyala merah setelah 6 - 15 detik. Lihat spesifikasi !

Petunjuk
Sistem pemanas mula perlu diperiksa setiap 40’000 km, atau pada waktu motor agak sulit dihidupkan berhubungan dengan asap hitam dan putaran tersendat-sendat waktu pertama setelah motor hidup.


 


§  Bentuk penyemprotan nosel yang tidak baik akan merusakkan busi pijar dengan cepat. Oleh karena itu :
Kalau busi pijar rusak selalu periksa bentuk penyemprotan nosel.

§  Busi pijar model batang biasanya dirangkai pararel. Ada dua macam :
¨   biasa ( waktu sampai nyala 15s )
¨   cepat ( waktu sampai nyala 6s )
. Busi pijar tipe filamen ( kawat ) biasanya dalam rangkaian seri dan dipakai pada motor yang agak lama.






Rangkaian seri
Rangkaian seri digunakan pada kendaraan yang lama. Perhatikan : Jika rangkaian terputus pada salah satu tempat, keseluruhan sistem pemanas tidak bekerja !
Cara mengontrol :
§  Hidupkan sistem dan ukurlah besar tegangan yang mengalir. Bila tidak sesuai dengan spesifikasi, periksa rugi tegangan pada tiap komponen sistem.


 








§  Rangkaian pemanas akan terputus jika salah satu busi pijar terbakar !


 





Perhatikan : Busi pijar untuk rangkaian seri tidak boleh dites dengan cara menghubungkan ke baterai 12V




Tidak ada komentar:

Posting Komentar