SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA.... TRIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG

Selasa, 16 Oktober 2012

Ruang Bakar Diesel


BENTUK RUANG BAKAR MESIN DIESEL:
Ruang bakar pada motor diesel lebih rumit dibanding ruang bakar motor bensin. Bentuk ruang bakar pada motor diesel sangat menentukan kemampuan mesin, sebab ruang bakar tersebut direncanakan dengan tujuan agar campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen dan mudah terbakar sekaligus.

Ruang bakar motor diesel digolongkan menjadi 2 tipe, yaitu :
a. Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)
b. Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary combustion chamber)

Tipe ruang bakar langsung
Injection Nozzel menyemprotkan bahan bakar langsung  ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat diantara cylinder head dan piston. Ruang yang ada pada bagian atas piston merupakan salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.

·           Keuntungan ruang bakar langsung:
1.         efisiensi panas lebih tinggi



2.         pemakaian bahan bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana.
3.         Start dapat lebih mudah di lakukan pada waktu msin dingin Cocok untuk mesin mesin besar     karena kontruksi kepala silinder sederhana.

·           Kerugian ruang bakar langsung:
1.         Memerlukan kualitas bahan bakar tang baik
2.         Memerlukan tekanan injeksi yang lebih tinggi
3.         Sering terjadi gangguan nozle, umur nozle lebih pendek karena menggunakan nozle lubang
banyak (multipie hole nozzle)
4.         Turbelensi lebih , jadi sukar untuk kecepatan tinggi.

·           Tipe ruang bakar tambahan terbagi dalam 3 macam, yaitu :
1.         Ruang bakar kamar muka (precombustion chamber)
2.         Ruang bakar pusar (swin chamber)
3.         Ruang bakar air cell (Air cell combustion chamber)
 
Ruang bakar Tambahan

A.   Ruang bakar muka:
Dalam ruang bakar ini bahan bakar solar disemprotkan ke dalam ruang bakar muka oleh nozzle injeksi. Sebagian bahan bakar yang tidak terbakar di ruang bakar muka didorong melalui saluran kecil antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama. Percampuran yang baik dan terbakar seluruhnya berada pada ruang baka utama.

·           Keuntungan ruang bakar muka adalah :
1.     jenis bahan bakar yang digunakan lebih luas, karena turbelensinya sangat baik untuk
pengkabutan.
2.     Perawatan pompa injeksi lebih mudah karena tekanan injeksi lebih rendah
3.     Detonasi berkurang serta mesin bekerja lebih baik kaena menggunakan nozzle berlubang
banyak.

·           Kerugian ruang bakar muka adalah:
1.     Biaya pembuatan lebih mahal
2.     Memerlukan motor strrter yang lebih besar
3.     Pemakaian bahan bakar boros


B.        ruang bakar pusar

Ruang bakar model pusar ini berbentuk bundar. Ketika torak memampatkan udara, sebagian udara yang masuk ke dalam ruang bakar pusar dan membuat aliran turbelensi. Bahan bakar diinjeksikan ke dalam udara turbelensi dan terbakar di dalam ruang bakar pusar. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar masuk ke ruang bakar utama melalui saluran tersebut. Selanjutnya campuran tersebut akan terbakar diruang bkar utama.


KEUNTUNGAN :
1.     Dapat menghasilkan putaran tinggi,
2.     Gangguan pad nozzle berkurang karena menggunakan nozzle jenis pin
3.     Putaran mein lebih tinggi dan operasinya lebih lembut, menyebabkan jenis ini cocok untuk
jenis mobil.

KERUGIAN :
1.                   kontruksi kepala silinder rumit
2.                   efisiensi panas dan pemakaian bahan bakar boros
3.                   penggunaan alat pemanas tidak begitu efektif karena ruang bakar sngat luas
4.                   detonasi lebih besar pada kecepatan rendah

C.                  Ruang bakar air cell
Pada ruang bakar air cell ini bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam air cell dan terbakar langsung di ruang bakar utama. Sebagian bahan bakar yang di semprotkan ke air cell terbakar, dan mengakibatkan tekanan dalam air cell bertambah. Bila torak bergerak ke TMB udara dalam air cell kelur ke ruang bakar utama membantu menyempurnakan pembakaran.

KEUNTUNGAN :
1.                   Mesin bekerja lebih lembut karena pembakaran terjadi secara berangsur angsur.
2.                   Tidak memerlukan pemanas
3.                   Gangguan nozzle berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.

KERUGIAN :
1.                    Saat injeksi bahan bakar sangat mempengaruhi kemampuan mesin
2.                   Suhu gas buang sangat tinggi karena pembakaran lanjut sngat panjang
3.                   Bahan bakr boros.

2 komentar:

  1. Terimakasih gan, ilmunya tentang tipe tipe ruang bakar pada motor diesel.

    BalasHapus
  2. makasih gan bermanfaat sekali..

    BalasHapus