BENTUK RUANG
BAKAR MESIN DIESEL:
Ruang bakar pada
motor diesel lebih rumit dibanding ruang bakar motor bensin. Bentuk ruang bakar
pada motor diesel sangat menentukan kemampuan mesin, sebab ruang bakar tersebut
direncanakan dengan tujuan agar campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen
dan mudah terbakar sekaligus.
Ruang bakar motor diesel digolongkan
menjadi 2 tipe, yaitu :
a. Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)
b. Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary combustion chamber)
a. Tipe ruang bakar langsung (direct combustion chamber)
b. Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary combustion chamber)
Tipe
ruang bakar langsung
Injection Nozzel menyemprotkan bahan bakar
langsung ke ruang bakar utama (main combustion) yang terdapat diantara
cylinder head dan piston. Ruang yang ada pada bagian atas piston merupakan
salah satu bentuk yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran.
·
Keuntungan ruang bakar langsung:
1.
efisiensi panas lebih tinggi
2.
pemakaian bahan
bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana.
3.
Start dapat lebih
mudah di lakukan pada waktu msin dingin Cocok untuk mesin mesin besar karena kontruksi kepala silinder sederhana.
·
Kerugian ruang bakar langsung:
1.
Memerlukan kualitas
bahan bakar tang baik
2.
Memerlukan tekanan
injeksi yang lebih tinggi
3.
Sering terjadi
gangguan nozle, umur nozle lebih pendek karena menggunakan nozle lubang
banyak
(multipie hole nozzle)
4.
Turbelensi lebih
, jadi sukar untuk kecepatan tinggi.
·
Tipe ruang bakar tambahan terbagi dalam 3
macam, yaitu :
1.
Ruang bakar kamar
muka (precombustion chamber)
2.
Ruang bakar pusar
(swin chamber)
3.
Ruang bakar air
cell (Air cell combustion chamber)
Ruang bakar Tambahan
A. Ruang bakar muka:
Dalam ruang bakar ini bahan bakar solar
disemprotkan ke dalam ruang bakar muka oleh nozzle injeksi. Sebagian bahan
bakar yang tidak terbakar di ruang bakar muka didorong melalui saluran kecil
antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama. Percampuran yang baik dan
terbakar seluruhnya berada pada ruang baka utama.
·
Keuntungan ruang
bakar muka adalah :
1.
jenis bahan bakar
yang digunakan lebih luas, karena turbelensinya sangat baik untuk
pengkabutan.
2.
Perawatan pompa
injeksi lebih mudah karena tekanan injeksi lebih rendah
3.
Detonasi
berkurang serta mesin bekerja lebih baik kaena menggunakan nozzle berlubang
banyak.
·
Kerugian ruang
bakar muka adalah:
1.
Biaya pembuatan
lebih mahal
2.
Memerlukan motor
strrter yang lebih besar
3.
Pemakaian bahan bakar boros
B.
ruang bakar pusar
Ruang bakar model
pusar ini berbentuk bundar. Ketika torak memampatkan udara, sebagian udara yang
masuk ke dalam ruang bakar pusar dan membuat aliran turbelensi. Bahan bakar
diinjeksikan ke dalam udara turbelensi dan terbakar di dalam ruang bakar pusar.
Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar masuk ke ruang bakar utama
melalui saluran tersebut. Selanjutnya campuran tersebut akan terbakar diruang
bkar utama.
KEUNTUNGAN :
1.
Dapat menghasilkan
putaran tinggi,
2.
Gangguan pad
nozzle berkurang karena menggunakan nozzle jenis pin
3.
Putaran mein
lebih tinggi dan operasinya lebih lembut, menyebabkan jenis ini cocok untuk
jenis mobil.
KERUGIAN :
1.
kontruksi kepala
silinder rumit
2.
efisiensi panas
dan pemakaian bahan bakar boros
3.
penggunaan alat
pemanas tidak begitu efektif karena ruang bakar sngat luas
4.
detonasi lebih
besar pada kecepatan rendah
C.
Ruang bakar air
cell
Pada ruang bakar air cell ini bahan bakar
disemprotkan langsung ke dalam air cell dan terbakar langsung di ruang bakar
utama. Sebagian bahan bakar yang di semprotkan ke air cell terbakar, dan
mengakibatkan tekanan dalam air cell bertambah. Bila torak bergerak ke TMB
udara dalam air cell kelur ke ruang bakar utama membantu menyempurnakan
pembakaran.
KEUNTUNGAN
:
1.
Mesin bekerja
lebih lembut karena pembakaran terjadi secara berangsur angsur.
2.
Tidak memerlukan
pemanas
3.
Gangguan nozzle
berkurang karena menggunakan nozzle tipe pin.
KERUGIAN :
1.
Saat injeksi bahan bakar sangat mempengaruhi
kemampuan mesin
2.
Suhu gas buang
sangat tinggi karena pembakaran lanjut sngat panjang
3.
Bahan bakr boros.
Terimakasih gan, ilmunya tentang tipe tipe ruang bakar pada motor diesel.
BalasHapusmakasih gan bermanfaat sekali..
BalasHapus